Waduuuhh..Ada Museum Santet di Surabaya


Mabaroch Kepala Museum Kesehatan.

Secara ilmiah memang belum bisa dijelaskan mengenai santet serta tenung. Namun fenomena ini ada dan hidup di masyarakat. Hal ini dibuktikan di museum kesehatan dokter Adyatma yang terletak di Jalan Indrapura, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Di museum ini tersimpan ratusan benda yang berhubungan dunia supranatural. Boneka jaelangkung dan nini towok, misalnya. Dua benda ini pernah digunakan mencari petunjuk mendapat obat yang dapat menyembuhkan penyakit. Dipamerkan juga benda yang berhubungan dengan dunia supranatural.

Salah satu benda yang cukup menarik adalah foto torax yang menunjukkan adanya jarum yang dimasukkan ke perut bayi dengan menggunakan ilmu santet. Di museum ini juga mamamerkan berbagai peralatan bedah yang digunakan pada zaman penjajahan dulu lengkap dengan pisau bedah mata.

Pendiri musium ini bukan dukun atau tukang tenung tapi kalangan medis. Tujuan utama mendirikan museum ini untuk pembelajaran dunia ilmu kesehatan yang hidup di masyarakat. Dengan demikian para dokter muda bisa lebih memahami salah satu realita dunia kesehatan di masyarakat. [liputan6]



%d blogger menyukai ini: