Ghana Negara Afrika Pertama yang Menang di Penyisihan Piala Dunia 2010



Bek John Paintsil mengibarkan bendera nasional Ghana usai kemenangan atas Serbia / Foto: Daylife

PRETORIA – Ghana berhasil unggul 1-0 atas Serbia pada laga perdana Grup D, Minggu (13/6/2010). Armada Black Stars segera mendedikasikan kemenangan ini untuk seluruh warga Afrika.

Jual beli serangan dilakoni kedua tim sepanjang pertandingan. Namun, di penghujung laga, Ghana akhirnya memastikan kemenangan setelah handball Zdravko Kuzmanovic di kotak terlarang memaksa wasit menunjuk titik putih.

Asamoah Gyan yang ditunjuk sebagai eksekutor pun mampu melakukan tugasnya dengan baik dan membawa Black Stars raih kemenangan pertama di Grup D.

Sebagai wakil Benua Hitam, anak-anak asuh Milovan Rajevac tentunya merasa bangga bisa meraih kemenangan tersebut. Gyan segera mendedikasikan kemenangan ini untuk semua warga Afrika yang telah mendukung mereka.

“Kemenangan ini sangat penting. Begitu juga bagi Serbia. Mereka memainkan bola-bola panjang, namun taktik kami sangat sempurna. Semua orang, termasuk warga Afrika, dan kami merasa sangat senang,” ujar Gyan seperti dilansir Reuters, Senin (14/6/2010).

Meski demikian, sepertinya tidak semua anggota tim merayakan kemenangan. Sang pelatih, Milovan Rajevac, yang notabene berdarah Serbia, tidak tersenyum sedikitpun ketika pertandingan usai.

“Tentunya bagi saya secara personal ini adalah kemenangan yang luar biasa dan saya merasa sedih untuk Serbia. Saya mengenal banyak pemain mereka dan saya dapat melihat bagaimana sedihnya mereka,” ujar Rajevac usai pertandingan.

Namun, skuad Black Stars tidak mau terlarut dalam kesenangan. Pasalnya, Ghana akan menghadapi Australia (19/6/2010) serta pemuncak klasemen, Jerman (24/6/2010), pada dua laga berikutnya.

“Ini baru awal dan kami akan memotivasi diri dari pertandingan ini. Afrika Selatan mendukung kami dan serta semua tim Afrika. Kami akan melakukan yang terbaik untuk membuat Afsel maupun Afrika bangga,” tambah sayap kiri Andre Ayew.[okezone]

Satu Tanggapan

  1. Slamat ya buat ghana… (http://ahnku.wordpress.com)

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: