Hati – Hati Gan Ponsel Anda Bisa Jadi Mata-mata


iPhone1.jpg
SYDNEY MORNING HERALD

Hati-hati, sejumlah ahli keamanan Australia, lembaga advokasi konsumen, dan juga lembaga pemerhati hak privasi menyuarakan jika ratusan ribu aplikasi gratis ponsel menjadi mata-mata bagi pemiliknya. Demikian diberitakan Sydney Morning Herald, Selasa (3/8/2010).

Sebuah lembaga keamanan ponsel berbasis di San Fransisco memindai hampir 300 ribu aplikasi untuk iPhone, ponsel berbasis Android Google. Ditemukan, kebanyakan dari aplikasi gratis itu secara diam-diam mengambil data dari pemilik ponsel dan mengirimkannya ke pihak ketiga tanpa pemberitahuan.

Ini adalah perhatian utama dari sejumlah hal-hal yang berkaitan dengan lingkaran keamanan serta masalah privasi. Data-data yang dimaksud termasuk data kontak pengguna, gambar, pesan singkat,serta pencarian di internet. Pihak ketiga bisa memasukkan pengiklan dan juga perusahaan untuk menganalis data pengguna tersebut.

Informasi ini digunakan sejumlah perusahaan untuk menyasar iklan dan mempelajari lebih banyak mengenai pengguna layanan mereka. Yang lebih berbahaya, data bisa menjadi sangat rentan untuk dicuri menggunakan identitas itu jika pihak ketiga tidak hati-hati mengenai informasi tersebut.(Tribunnews)

%d blogger menyukai ini: