Inilah 8 Binatang Teraneh Dimuka Bumi


Inilah binatang-binatang yang jarang kita lihat. Bentuk mereka aneh-aneh . Ada yang bikin merinding ada juga yang bikin geli.

1. Leafy Sea Dragon

Leafy sea dragonLeafy sea dragon | image from wiki

Binatang ini punya bentuk dan ciri mirip naga. Coba aja liat tuh badan dan warnanya lucu banget kan tapi ini bukan naga koq ini “cumi” (Cuma mirip). Hehehehe… binatang ini punya nama latin Phycodurus eques. Mereka ini masih satu spesies dengan kuda laut Cuma beda jenis aja koq. Binatang unik ini bisa kita jumpai di Australia dan termasuk dalam jenis hewan yang dilindungi. Kuda laut ini hidup di air laut yang dingin, yang suhunya kira-kira 10-12 derajat celcius.

2. Sloth

binatang slothbinatang sloth

Sloth, namanya ga kayak binatang ya? Yup nih hewan juga masuk ke family megalonichydae dan Bradypodiae. Apaaan tuh? Yah..itu artinya hewan ini masuk ke famili mamalia dan sudah hidup dari jauh-jauh hari alias binatang purba. Ini juga salah satu hewan yang langka makanya dilindungi. Sloth yang dalam bahasa Indonesia ini desebut juga kukang. Hewan ini adalah hewan termalas di dunia selain koala.Hewan ini mempunyai siklus metabolisme yang lambat banget sehingga geraknya dia tuh juga ikutan lambat. Dia butuh waktu sebulan bahkan lebih cuma untuk mencerna daun yang dia makan. Padahal binatang ini tidak besar malah bisa dibilang agak kecil. Makanan utamanya daun tapi dia juga bisa makan kadal-kadal kecil juga. Kalo dipelihara, bisa hemat nih yang punya. Hehehehehe… Hewan ini bisa dijumpai di Amerika selatan.

3. Mole

binatang molebinatang mole

Hewan ini namanya MOLE bisa juga disebut tikus tanah tapi dia makan inverte brata kecil seperti semut dan serangga lainnya. Kalau dilihat-lihat hewan ini memang aneh karena hidungnya yang berwarna merah  yang membuat penampilannya menjadi garang. Tentakel ini digunakan sebagai alat untuk mengenali dan mendeteksi mangsanya.Hewan ini hidup di dalam tanah dan aktif di malam hari. Hewan ini tidak hidup di dataran tropis seperti Indonesia. Mole hidup di daerah yang memilki 4 musim seperti Kanada dan Amerika Utara. Belum ada ahli bintang yang mengetahui dengan pasti bagaimana pola hidup dan social hewan ini tapi banyak yang berpendapat bahwa hewan ini hidup berkelompok. Berat seekor mole dewasa mencapai 55 kg.

4. Tapir

Binatang Tapir | image from wikipediaBinatang Tapir | image from wikipedia

kalau dari tadi kita ngomingin dan ngebahas tentang hewan aneh yang ada di luar negeri, sekarang kita bahas tentang hewan aneh dalam negeri yang biasa disebut dengan tapir. Ini hewan endemic yang hidup hanya di suatu tempat saja, Indonesia melindungi satwa yang satu ini dan habitatnya ada di Sulawesiu tengah. Hewan ini memilki bentuk hidung yang aneh yang mirip banget sama babi tapi satwa ini tidak termasuk dalam famili babi. Hewan ini malah disebut-sebut memilki kemiripan dengan badak dan kuda.

5. Aye-aye

Binatang aye ayeBinatang aye aye

Saya tidak tahu bahasa Indonesia-nya nih binatang. Binatang ini mirip tikus tapi bukan tikus. tahu rodent? Tikus yang ada di Australia? Hewan ini lebih mirip sama dia. Aye-aye ini habitat aslinya ada di Madagaskar? Tau madagaskar kan, bukan yang di film itu hehe..ini madagaskar asli. Hewan ini memilki empat kaki yang masing-masing kaki memilki 4 jari. Jari yang paling panjang biasanya digunjakan untuk mengambil makanan. Makanan hewan ini adalah belatung dan hewan lain yang hidup di dalam pohon. Cara mencari makannya mirip sama burung pelatuk yang melubangi pohon. Kalau woody woodpecker itu pake pelatuknya, yang ini pake jari tengahnya. Hewan ini juga terancam punah karena dari seluruh spesiesnya yang berasal dari genus yang sama hanya tinggal aye-aye yang ada di bumi ini karena kerabatnya yang lain sudah punah beberapa abad yang lalu.

6. Ikan ajolote

Ikan AjoloteIkan Ajolote

Sebenarnya mau nyebut ini ikan tapi bingung juga karena ini binatang punya kaki. Beberapa ahli bilang kalu ini binatang mengalami metamorfosis yang gagal. Jadi bentuknya  mirip sama katak yang kecil punya ekor dan kaki Cuma yang ini warnanya putih agak merah muda. Hewan ini bisa ber-regenerasi dengan cepat. Jadi kalau tangannya atau anggota tubuhnya putus dia bisa tumbuh lagi. Hewan ini menjadi obyek penelitian para ahli di Amerika, hmm. Kasian ya…heheheh.. Ajolote ini biasanya di jadikan hewan peliharaan di AS, Inggris, Jepang dan dijual dengan nama wooper roper. Hewan ini bisa juga dibilang sebagai hewan kanibal karena mereka makan ajelote yang masih muda. Hiii…

7. Dumbo Octopus

Dumbo Octopus | image from wikipediaDumbo Octopus | image from wikipedia

Dumbo octopus ini hewan laut yang hidup di kedalaman 300-5000 m dengan ukuran 20 cm. banyak juga yang bilang kalau hewan ini mirip dengan pokemon, hayoo..yang nonton pokemon ngaku…bener gak? Ini satu-satunya octopus yang memiliki daun telinga dan coba liat bagian depannya yang seperti mulut itu bentuknya kayak belalai gajah kan? Yup makanya namanya jadi dumbo octopus kan dulunya dumbo adalah nama gajah, eh salah itu kan jumbo…heheheehe… ini hewan yang langka lhooooo…

8. Blobfish

blob fishblob fish

Ini ikan mirip banget ma apa gitu ya? Ikan tapi koq modelnya kayak begini. Tapi, ya sudah karena udah ada yang kasih nama ni hewan pake blobfish. Kita ngikut aja. Hewan ini hidup diperairan dalam Australia dan Tasmania. Jarang ada yang bisa melihat hewan ini karena memang habitanya yang tidak memungkinkan bagi manusia. Cara berenang hewan ini unik banget. Mereka tidak memakai sirip atau ekor tapi dengan cara melayang di dalam air. Tekstur tubuh ni blobfish yang mirp dengan agar-agar memungkinkan dia untuk mengatur kerapatan sel. Meskipun ga punya otot dia tetap bisa merpindah tempat loh.. tapi hewan ini juga memilki kesulitan untuk menelan makanan karena tidak punya otot. Jadi dia cuma makan apapun yang melayang di depannya.

sumber : jadiberita.com

%d blogger menyukai ini: