Inilah.Perbedaan Fasilitas ketua DPRD Jawa Barat dengan Presiden Iran


Ini Perbedaan Fasilitas Ketua DPRD Jabar dan Presiden Iran
Atas:Kendaraan pribadi Presiden Iran memakai
Peugeot 504 produksi 1977.
Bawah: Ketua DPRD Jabar akan difasilitasimobil dinas senilai Rp 2,2 miliar bermerek Jeep SUV Adventure

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Irfan Suryanagara akan difasilitasi mobil dinas senilai Rp 2,2 miliar bermerek Jeep SUV Adventure. Padahal saat ini Ketua DPRD Jabar masih memiliki dua mobil dinas jenis sedan Toyota Crown dan Toyota Fortuner.

Tentunya hal ini mengudang reaksi sejumlah pihak. Pakar hukum tata negara Universitas Padjajaran, Indra Prawira mengatakan pengadaan mobil tersebut dirasakan belum perlu disaat kondisi masyarakat yang masih serba sulit. Idra mengaku seharusnya para anggota dewan lebih sensitif dengan keadaan masyarakat.

Bahkan peneliti Jabar Institute Eko Arief Nugroho mengutarakan seharusnya Ketua DPRD harus lebih berempati dengan persoalan di Jabar, bukan malah memfasilitasi dirinya sendiri. Masa, lanjut Eko, anggaran mobil dinasnya lebih besar dari anggaran pemberdayaan Posyandu 2010 se Jabar yang hanya senilai Rp 1 miliar.

Hal berbeda tentunya dibandingkan dengan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Sehari-hari dia tidak ingin memakai mobil dinas. Dia hanya memamakai mobil pribadinya Peugeot 504 produksi 1977. Bahkan untuk menjalankan program pemerintah yang bergerak di bidang ketersediaan hunian layak bagi masyarakat kecil di negerinya, mobil pribadinya itu harus dilelangnya.

Ahmadinejad juga tinggal di sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu-satunya uang yang masuk adalah uang gaji bulanannya sebagai dosen di sebuah universitas yang hanya senilai US$ 250.

Selama menjabat sebagai Presiden Iran, Ia tinggal di rumahnya sendiri. Ia tidak mengambil gajinya sebagai Presiden, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

Sang presiden selalu membawa tas setiap hari yang berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira,ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

Selain itu, hal lain yang ia ubah adalah kebijakan pesawat terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

Mahmoud Ahmadinejad Shalat di Trotoar Ia juga memangkas protokoler istana sehingga menteri-menterinya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara-upacara seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

Presiden Iran ini kerap tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal-pengawalnya yg selalu mengikuti ke manapun ia pergi. Tribunnews.com

%d blogger menyukai ini: